(KJPP) Pangaloan

Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Pangaloan

Penilai Properti, Memberikan Jasa Penilaian buat perbankan, merger/akuisisi, jual-beli, revaluasi, dll Spesialis Mining Industry & Properti

Hubungi:

email: kjpppangaloan@yahoo.com

phone: +6221-71695972 / +62-817-0700086

3/21/2009

Teknik mendapat nilai pasar

Adjustment bentuk persentase

Adjustment atau Penyesuaian dengan persentase dilakukan dengan penyesuai pada kondisi pasar dan perbedaan lokasi yang dituangkan dengan bentuk persentase. Penilai menetapkan hubungan antara objek penilaian dengan properti pembanding. Penyesuaian dapat dilakukan dengan menghitung perbedaan kelebihan atau kekurangan dalam bentuk persentase, antara lain: jika objek penilaian dan properti pembanding sama, maka tidak diperlukan penyesuaian; jika objek penilaian lebih unggul sebesar x% (x perseratus) dari properti pembanding, maka keunggulan sebesar x% (x perseratus) tersebut ditambahkan kepada nilai objek penilaian; dan jika objek penilaian lebih buruk sebesar x% (x perseratus) dari properti pembanding, maka kekurangan sebesar x% tersebut dikurangkan dari nilai objek penilaian.

Penyesuaian bentuk satuan uang

Penyesuaian bentuk satuan uang digunakan untuk mencerminkan perubahan-perubahan kondisi pasar dan perbedaan lokasi dalam satuan uang. Penilai konsisten dalam menetapkan hubungan antara objek penilaian dengan properti pembanding. Penyesuaian dapat dilakukan dengan menghitung perbedaan kelebihan atau kekurangan dalam bentuk satuan uang, antara lain: jika objek penilaian dan properti pembanding sama, maka tidak diperlukan penyesuaian; jika objek penilaian lebih unggul sebesar x rupiah daripada properti pembanding, maka keunggulan sebesar x rupiah tersebut ditambahkan kepada nilai objek penilaian; dan jika objek penilaian lebih buruk sebesar x rupiah dari properti pembanding, maka kekurangan sebesar x rupiah tersebut dikurangkan dari nilai objek penilaian.


Rangkaian Penyesuaian (sequence of adjustment)


Penilai melakukan rangkaian penyesuaian dengan cara menghitung dan menjumlahkan penyesuaian-penyesuaian atas elemen-elemen penyesuaian secara bersama-sama atau dapat dilakukan sendiri-sendiri menurut cara penyesuaian yang dilakukan (persentase atau satuan uang), maupun berupa kombinasi kedua cara tersebut.

Penyesuaian (Adjusment) dilakukan terhadap faktor: Lokasi antara lain dengan memperhatikan lingkungan, akses, dan fasilitas; Peruntukan (zoning) antara lain dengan memperhatikan Peraturan Pemerintah; Sifat-sifat fisik Tanah antara lain dengan memperhatikan fisik, luasan, bentuk, dan elevasi; dan Bangunan antara lain dengan memperhatikan kondisi dan fasilitas bangunan.


Market data grid

Penilai wajib menggunakan market data grid untuk menyatakan konsistensi dari penyesuaian-penyesuaian yang dibuat. Grid tersebut merupakan bagian untuk melakukan rekonsiliasi terhadap beberapa indikasi nilai yang dihasilkan dalam pendekatan pembanding data pasar, yang berupa kisaran nilai (range).

Membuat rekonsiliasi berbagai indikasi nilai yang dihasilkan dari analisis perbandingan ke dalam indikasi nilai tunggal atau dalam kisaran nilai (range) untuk kondisi pasar tertentu.
Rekonsiliasi dan Kesimpulan Nilai. Dalam hal data diperoleh tidak dalam waktu yang bersamaan, maka Penilai melakukan penyesuaian. Berdasarkan nilai indikasi yang diperoleh dari penyesuaian data pembanding, maka dilakukan rekonsiliasi untuk mendapatkan kesimpulan nilai.